Current Addiction: Produce 101 Season 2 – Kang Daniel

Semua berawal sejak Ditha memberitahu gue kalau Yua (Yoo Kyungmok) mengikuti acara baru bernama Produce 101 lewat twitter.

Akan gue jelaskan terlebih dahulu siapa Yua itu. Yua adalah nama panggung dari Yoo Kyungmok, seorang anak laki-laki kelahiran 20 Juli 1994 berkewarganegaraan Korea Selatan yang bercita-cita menjadi idol. Di tahun 2011, Yua pernah debut untuk grup ballad bernama BoM (Blooming of Our Music), namun bubar di pertengahan tahun 2012. Kemudian, Yua debut kembali dengan BTL (Beyond the Limit) yang total beranggotakan 9 orang di tahun 2014 dan bubar (iya, lagi) pada akhir 2015 atau sekitar 2016.

Awal 2011, gue sedang dimabuk cinta oleh Block B. Sudah menjadi pengetahuan umum kalau Song Minho, atau biasa dipanggil Mino, adalah mantan trainee yang pada awalnya akan didebutkan bersama Block B. Berbekal pengetahuan tersebut, gue berkenalan dengan BoM, yang saat itu masih dirumorkan akan debut di pertengahan tahun. Jujur, gue masih belum tertarik pada member yang lain dan hanya berfokus pada Mino saja.

Hingga pada akhirnya, setelah mereka debut dan menyanyi di atas panggung, gue jatuh cinta pada Yua, dan BoM merupakan fandom utama gue saat itu. Gue beli album mereka, daftar fancafe, membuat fanbase Indonesia, mengirimkan hadiah ke Korea, dan berbagai hal lainnya. Bahkan, gue pernah mendapat album yang ditandatangani keempat member.

Setelah BoM bubar, gue juga sempat mengikuti BTL demi Yua dan Jisu (mantan member BoM juga). Gue sangat excited melihat Yua tampil lagi di atas panggung, apalagi dengan BTL ini dia salah satu main vocal. Tapi apa daya, BTL juga bubar.

Lalu pada tanggal 18 Maret 2017, Ditha mention gue di twitter, memberi tahu bahwa Yua mengikuti sebuah survival show untuk 101 trainee yang ingin debut menjadi idol, Produce 101 Season 2. Gue ingat persis tanggal ini, karena gue mendadak heboh Yua lagi setelah sekian lama saat gue tidur-tiduran di kasur kamar hotel di Singapura di hari konser Eric Chou.


Singkat cerita, akhirnya gue menonton episode 1 beberapa hari setelah hari penayangan perdana demi Yua (catatan: beberapa hari setelah penayangan adalah karena menunggu engsub. Gue kan tidak mengerti Bahasa Korea), dan langsung menonton episode 2 sehari setelah penayangan tanpa subtitle karena tertarik dengan konsep acara ini. Apalagi Produce 101 penuh dengan dedek-dedek tampan dan manis.

Di awal episode 1 dan 2, gue agak tertarik dengan Kim Samuel dan Lee Daehwi yang hampir tidak terpisahkan, dan Ong Seongwoo yang gantengnya merupakan tindak kriminal kelas atas tapi di waktu yang bersamaan dia juga manis dan sangat menawan. Sempat terbesit dalam kepala untuk mendukung mereka di Produce 101 selain Yua. Tapi, episode 3 mengacaukan segalanya. Gue jatuh cinta pada senyum Kang Daniel saat pria (yang saat itu) berambut pink itu masuk ke ruang kelas Rank A setelah pengumuman hasil re-evaluation rank.

Setelah senyum secerah matahari dan semanis gulali ini, gue menonton ulang episode 1 dan 2 demi mengenal Daniel lebih dalam, yang diikuti dengan jatuh cinta yang makin dalam juga karena di kehebohan dia dan rekan MMO-nya yang hobi bergosip di episode 1, dan betapa kerennya dia saat belajar di kelas Rank B. Dia yang aslinya rapper, mampu bernyanyi dengan baik, dan dia juga menawarkan diri mengajari teman-teman kelas B menari saat trainee lain belum hapal koreografi.



Episode 3 juga membuat gue sedikit mulai tertarik pada dua member NU’EST, Minhyun dan Jonghyun, yang menjadi teman satu grup Daniel (dan Ong) untuk membawakan Sorry Sorry pada Group Battle Performance yang akan ditayangkan di episode 4 (meski sudah ada performance dari 4 grup yang ditayangkan di akhir episode 3). Grup mereka disebut fans sebagai Justice League, karena dinilai memiliki member yang sangat kuat, bahkan lebih kuat dari grup Daehwi yang disebut Avengers karena berisikan trainee-trainee terkenal. Mungkin karena memang Justice League sehebat itu, sehingga episode ini juga membuat gue lupa gue pernah sempat melirik Samuel dan Daehwi, haha.

Sehari setelah episode 3, Mnet menunggah video fokus tiap trainee dalam group performance. Gue menonton setidaknya minimal satu video fokus tiap grup tiap lagu, dan ada beberapa grup yang gue tonton lebih dari satu video fokus karena ada trainee lain yang gue suka dalam grup tersebut; kecuali Justice League. Gue menonton semua video fokus member grup, dan mengulang video fokus Daniel lebih dari seribu kali (oke, ini bohong. Mungkin lebih dari 10 kali, tapi tidak sampai 1000). Kalau kalian menonton videonya, kalian akan tahu alasan mengapa gue sesuka itu menonton video tersebut.

Gue menonton episode 4 streaming real time karena tidak sanggup menunggu walau sedetik lebih lama untuk menonton Daniel dan 5 trainee lainnya menyanyikan Sorry Sorry. Walau sudah menonton semua video fokus member Justice League, tidak lengkap rasanya kalau tidak melihat bagaimana mereka mempersiapkan performance mereka, dan bagaimana mereka membawakan lagu tersebut secara keseluruhan di atas panggung. Dan ternyata, memang se-perfect itu. Gue makin jatuh hati.

Episode 5 juga gue tonton secara streaming real time dengan HP di tangan untuk spazzing bersama Vina (yang gue baru tahu ternyata dia juga menonton acara ini saat dia komen IG Story gue yang berisi tentang Daniel). Oh ya, kata Vina, Daniel itu bukan tipe gue. Memang iya? Opini dong! 🙂

By the way, selain Daniel, akhir-akhir ini gue mulai agak sedikit terobsesi dengan Ong (dan kedekatannya dengan Daniel) dan NU’EST (ini salah Vina!!!!!!), tapi karena post ini berjudul Kang Daniel dan ditujukan untuk Daniel, gue tidak akan membahas yang lain panjang lebar, hahahaha.
Padahal perkenalan Yua dan BoM-BTL panjang banget.
Tapi gue merasa wajib untuk menjelaskan mengenai Yua, jadi tidak apa-apa :).

PS:
Patut diingat kalau gue sama sekali tidak melupakan Yua. Yua tetap prioritas gue di Produce 101, meski sejak episode 2 gue tidak yakin dia bisa menjadi 11 trainee yang akan didebutkan, karena peringkatnya yang rendah–berkisar di angka 60-70an. Walau begitu, gue sangat berharap acara ini bisa menjadi dongkrak untuknya menjadi populer. Namun pada akhirnya, dia tetap tereliminasi di episode 5, yang membuat hati gue sedikit terasa hampa 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s