[2015.04.28 – 05.06] First Japan Trip – Part 1

Akhirnya! Setelah menunggu hampir setahun sejak beli tiket berangkat ke Jepang, hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Senin, 27 April, malam, sekitar jam 7, gue dan nyokap sampai di CGK. Nyokap nganter, dan setelah gue dan Arsy check-in, nyokap pulang. Pesawat gue ke KL take-off jam 9-an, dan kami sampai Malaysia (untuk yang pertama kalinya juga buat gue) sekitar jam 12 kurang dikit.

Pesawat KL-KIX kami baru akan take-off jam 8 pagi. Berhubung kami beli tiketnya ngecer juga, CGK-KL sendiri, KL-KIX sendiri, jadi kami keluar imigrasi. Lumayan, nambah cap di paspor, dan daripada suntuk nunggu di dalem, mendingan nunggu di luar sambil makan atau yang lainnya. Lumayan juga, ngerasin gimana numpang tidur ngemper di airport 笑 ! Sarapan cup mie, yang rasanya sedikit hambar. Mungkin memang kami aja yang sudah terlalu biasa sama mie Indonesia yang isinya MSG doang? Check-in, masuk pesawat, terbang. Lama banget, 6 jam. Pantat gue panas. Tidur-bangun-tidur sampe bosen.

[1st Day: 2015.05.28] Sampai di KIX jam 3-an sore. 1st achievement unlocked: GUE NUMPANG SALAT DI KIX. Udah gitu, gue langsung disambut sama Eito gitu. Banner gede yang diiklanin Eito, maksudnya. Ada stand aplikasi travel Jepang gitu buat orang asing, supaya bisa akses wifi secara gratis se-Jepang. Kami datang ke stand tsb dan download aplikasinya. Aplikasi ini beneran berguna banget buat ke depannya. Mbaknya baik juga 🙂 Trus, sempet ke informasi, nanya, cara bikin Suica gimana, sambil nunjukin kartunya Fie yang sempet gue pinjem beberapa hari sebelum berangkat. Ternyata, Suica itu basis Tokyo. Kalau Kansai, namanya Icoca, bisa dibuat di stasiun katanya. Kami ke stasiun, tapi pusing, ga ngerti, jadi balik masuk lagi. Akhirnya, kami memutuskan untuk naik limousine bus (sejenis Damri, kalau di Indonesia) dari KIX sampai St. Osaka.

Mushala di KIX

Kanjani8 di KIX

Dari St. Osaka, penginapan yang akan kami tempati, Umeda Dormitory, tinggal jalan kaki. Selama jalan, mata gue dapat asupan vitamin A banyak banget. Saat itu sekitar jam 5-6 sore, jam-jam pulang kantor. Banyak ikemen berkeliaran pake jas gitu, kan HAHAHAHA Kami beli onigiri set di konbini dekat dorm sebelum check-in, biar nanti ga usah ribet-ribet keluar lagi. Btw, walau udah akhir April, Jepang dingin banget. Cuacanya doang sih ga sebegitu dingin. Tapi, kalau angin udah nampar, gue ga sanggup T__T

Umeda

Hari pertama kami berakhir dengan perkenalan singkat dan penjelasan tentang dorm dari Kazu-san, makan malam ala konbini ditemani siaran TV (2nd achievement unlocked: nonton TV Jepang langsung), dan mandi.

[2nd Day: 2015.04.29] Dari malamnya yang gue hampir gabisa tidur sama sekali (1. karena dingin. 2. deg-degan di negara orang 笑), baru kebangun jam 4 atau 5an buat salat subuh. Padahal, subuh di Jepang lebih cepet dari itu. Sekitar jam setengah 3 atau 3 kayaknya. Arsy lagi ga salat, jadi gue abis salat, bobo lagi.

Abis bobo lagi, baru kebangun jam 8 lewat. Niat awal yang tadinya mau mampir Johnny’s shop dulu pagi-pagi, langsung kandas karena kesiangan dan HUJAN. Kami sarapan sambil ditemani TV, trus ganti baju, dan siap-siap. Sempet ke luar sebentar, niatnya iseng mau keliling Umeda, tapi akhirnya cuma stak sampai taman depan Sky Building, duduk manis nunggu hujan reda, sambil nunggu zuhur.

Pas zuhur, balik ke dorm biar gue bisa salat. Tapi, karena jalan yang kami lewati beda dengan sebelumnya, di jalan yang baru ini, kami menemukan toko baju, sepatu, tas, dan barang wanita lainnya, second tapi murah, aka SURGA. Serius, itu kalau gue ga inget di Jepang baru hari ke-2, masih harus keluar uang buat makan, ongkos, tiket 2 konser yang belum gue bayar beserta goodies-nya dengan yen gue yang seadanya, gue mungkin udah kalap. Arsy akhirnya nangkring di sana, sementara gue sendiri balik ke dorm demi menghapus hawa nafsu. Tiba-tiba di tengah jalan, gue bertemu dengan… JIDOHAMBAIKI YANG BERIKLAN EITO ORONAMIN C! Norak banget ya Tuhan, maafin. Tapi, setelah foto-foto, gue kembali ke dorm dengan selamat kok.

Oronamin C - Kanjani8

Oronamin C – Kanjani8

Di dorm, salat, chat sebentar sama Puppy yang lagi ke Osaka (lebih tepatnya, Umeda Sky Building) buat shuushoku (aktivitas melamar kerja para mahasiswa Jepang saat tingkat 3-4) buat janjian main habis dia selesai. Karena tujuan jalan-jalan gue dan Arsy hari ini adalah Tennoji, Shinsekai, Dotonbori, jadi kami janjian di Dotonbori jam 5 sore.

Jalan ke St. Osaka, naik JR Loop ke Tennoji. Di kereta, karena ada iklan Shinjuku Swan, jadi foto. Diliatin orang. Gapapa lah ya. Demi Ayano Go. Sampai Tennoji, agak mendung, tapi ga hujan. Dari Tennoji, jalan kaki ke Shinsekai. Di tengah jalan, liat satu kuil entah apa, jadi mampir sebentar. Trus, gue bahagia banget saat kami sampai di Shinsekai. Tempat di Osaka yang pengen banget gue kunjungi. Sepanjang jalan keliling, di otak gue ke-play Osaka in My Heart-nya Eito 笑

Tennoji

Kuil entah namanya apa

Karena itu siang dan kami juga belum makan, akhirnya kami memutuskan untuk cari makan. Eh, nemu toko takoyaki. PAS BANGET ITU TOKO TAKOYAKI YANG DI PV TIMY! (3rd achievement unlocked: mampir ke tempat yang pernah didatangi artis). Banyak isinya, 8 biji. Ga abis, kenyang, sisanya dibawa pulang.

Tsutenkaku Tower di Shinsekai

Toko Takoyaki di Shinsekai

Dari Shinsekai, kami jalan kaki ke Dotonbori. Sempet nyasar sebentar, tapi akhirnya sampai juga. Kaget adalah, saat nyari papan iklan Glico, yang keliatan malah iklan Saturday Plus-nya Maru gede banget. Karena janjian sama Puppy di depan Glico, akhirnya gue dan Arsy nangkring di sana sambil menatap lautan manusia. Taunya ada segerombol cowok-cowok dari Indonesia juga, ngajakin foto bareng. Gue sih menolak :p

Saturday Plus Maru. Di belakangnya ada board Glico yang terkenal.

Udah jam 5 lewat, tapi Puppy belum datang. Pas banget wifi lagi lemah, jadi gabisa chat dia. Pasrah cuma bisa nunggu, tiba-tiba ada kuning-kuning familiar lewat. Funasshi! Pas baru aja mau ngeluarin HP buat foto, semua orang udah terlanjur ngikutin Funasshi jadi sosok kuning itu sudah tak terlihat lagi. Akhirnya balik, senderan di jembatan.

Kayaknya sih gue lagi ngelamun, karena beneran ga sadar tiba-tiba samping kanan gue udah kosong, karena Funasshi ke situ. Berdiri, ditemani bodyguard dan beberapa staf yang bawa kamera. Persis sebelah gue! Jodoh emang ga kemana ya 笑  Staf Funasshi ngomong sebentar, trus Funasshi juga ngomong, trus bubar. Tapi dapet foto makhluk itu jelas banget heheheheheh 😀

Funasshi

Ga lama setelah itu, akhirnya ketemu Puppy! Udah hampir 2 tahun ga ketemu. Kangen! Karena Puppy habis shuushoku, jadi dia pakai jas. Pikiran pertama yang terlintas dalam benak gue adalah, “anak gue udah gede!” Puppy yang lucu itu, sudah besar!

Karena Arsy mau beli oleh-oleh juga, kami minta diantar ke 100en shop. Daiso lumayan jauh, jadi kami mampir Donkihote dulu sebentar. Habis dari sana, baru jalan ke Daiso melewati daerah anu yang serem kalau jalan sendirian malam-malam, tapi gue girang karena… kapan lagi bisa lewat jalan kayak gitu di negara orang. Berasa lagi main dorama 笑

Sampai di Daiso, cuma Arsy yang belanja! Gue melepas kangen sama Puppy, ngobrol doang (yang agak gue sesali, harusnya gue belanja juga walau sedikit). Dari Daiso, ga jauh di depannya ada Book Off. Kami mampir sebentar, gue beli album WEAVER dan beberapa single Johnny’s buat oleh-oleh.

Habis itu, kami bertiga balik ke Umeda. Sebelum Puppy pulang, makan omurice dulu. Sempet ketemu kenalannya Arsy ala sinetron banget! Setelah makan, karena sudah malam juga, Puppy balik ke Kyoto, kami balik ke dorm. Makan malam, kembali ditemani TV. Beneran deh, setiap kami sarapan dan makan malam, pasti nonton TV. Memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya(?)

Part 2 – up soon! (read: kalau Mitla sedang tidak malas menulis)